Resep Bandeng Presto

Kali ini saya akan berbagi resep khas dari daerah Semarang, jawa Tengah, yakni resep bandeng presto. Dalam membuat bandeng presto membutuhkan alat berupa panci presto.
Bahan-bahan :
* 1 kg ikan bandeng, pilih yang masih segar
* 4 batang serai, memarkan
* 6 lembar daun salam
* 4 m lengkuas, memarkan
* 2 sdt ragi tape instan
* 2 sdm garam
* 800 ml air

* minyak untuk menggoreng
* daun pisang untuk alas panci
Bumbu yang dihaluskan :
* 10 butir bawang merah
* 5 siung bawang putih
* 2 sdt ketumbar
* 7 cm kunyit
* 5 cm jahe,parut
* 5 cm lengkuas, parut
* 8 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
* 1 1/2 sdm garam
Bahan pelapis :
* 2 butir telur
* 1/4 sdt garam
Pelengkap : sambal tomat
Cara membuat bandeng presto :
* Pertama-tama cuci bersih ikan bandeng, bersihkan semua kotorannya, lalu lumuri dengan campuran ragi tape instan dan garam, diamkan selama 30 menit, lalu cuci kembali dengan air. Setelah itu lumuri ikan bandeng dengan bumbu yang telah dihaluskan, lakukan pelumuran bumbu satu per satu sampai merata di seluruh ikan bandeng.
* Siapkan panci presto, alasi bagian dasar panci presto dengan daun pisang. Lalu letakkan daun salam, dan daun serai dan lengkuas yang telah dimemarkan
* Masukkan ikan bandeng ke dalam panci presto, tuangkan 800 ml air lalu tutup panci dengan rapat. Masak ikan bandeng sampai panci mengeluarkan suara mendesis. Lalu masak kembali sekitar 30 menit terhitung dari bunyi desisan panci presto. Setelah 30 menit, matikan api dan biarkan dingin.
* Setelah dingin, buka tutup panci, angkat ikan bandeng.
* Kocok lepas telur berserta garam. Lumuri ikan bandeng dengan telur lalu goreng dalam minyak, api jangan terlalu besar. Ikan bandeng presto telah siap disajikan dengan nasi yang hangat dan sambal tomat.