Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Belut Goreng Tepung

Belut merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat tinggi. Namun untuk mengolah belut menjadi masakan yang lezat memerlukan beberapa trik, hal ini dikarenakan tubuh belut yang memiliki lendir yang cukup banyak sehingga dalam membersihkan lendir tersebut diperlukan trik tertentu. Salah satunya adalah dengan melumuri tubuh belut dengan abu gosok sambil ditekan-tekan. Setelah itu cuci dengan air yang mengalir hingga abu gosok beserta lendir belut hilang sama sekali dari tubuh belut. Untuk resepnya, belut sangat nikmat diolah dengan digoreng dengan balutan tepung yang renyah dan gurih dan dinikmati bersama sambal yang nikmat.

Resep belut goreng tepung 
Bahan-bahan :
* 500 gr belut, cuci bersih, hilangkan lendirnya
* 200 gr tepung terigu
* 100 gr tepung beras
* 200 ml air
* minyak untuk menggoreng
Bumbu yang dihaluskan :
* 5 siung bawnag putih
* 1/2 sdt merica
* 1/2 sdt ketumbar
* 1 cm kunyit
* 1/2 sdt ketumbar butiran
* 1/2 sdt garam
* 3 butir kemiri
Pelengkap :
* Sambal terasi / sambal bajak
Cara membuat belut goreng tepung :
* Belut yang sudah bersih lalu dipipihkan dengan cara dipukul-pukul dengan batu atau dengan cobek batu. cuci kembali lalu tiriskan.
* Campur semua bumbu yang dihaluskan bersama tepung beras, tepung terigu dan air, aduk hingga adonan kental.
* Celupkan belut ke dalam adonan tepung lalu goreng dengan minyak yang banyak dan api yang sedang. Sewaktu menggoreng aduk-aduk terus agar belut tidak menempel satu sama lain. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan belut goreng tepung siap disajikan bersama sambal terasi yang nikmat.

Post a Comment for "Resep Belut Goreng Tepung"