Resep Tempe Mendol

Tempe mendol merupakan salah satu lauk pauk khas dari Kota Malang yang masih begitu diminati seluruh kalangan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Ada 2 versi bahan tempe yang biasa digunakan, yang pertama yakni tempe bosok atau tempe yang sudah menginap lebih dari 1 hari. Jika menggunakan bahan tempe bosok ini maka tempe mendol akan terasa lebih asam. Rasa asam dari tempe bosok inilah yang menjadi ciri khas rasa tempe mendol sehingga banyak digemari. Bahan kedua adalah tempe seperti tempe biasa pada umumnya, perbedaannya, tidak ada rasa asam pada tempe mendol karena tempe yang masih baru. Kedua bahan ini sama-sama diminati oleh masyarakat, baik tempe baru atau yang telah menginap lebih dari 1 hari. Langsung saja kita simak resep membuat tempe mendol khas Malang.
Bahan-bahan :
* 2 papan tempe atau sekitar 200 gr tempe

* minyak goreng
Bumbu yang dihaluskan :
* 4 siung bawang putih
* 2 butir bawang merah
* 4 buah cabai merah
* 5 buah cabai rawit
* 4 lembar daun jeruk purut
* 2 cm kunci
* 1/2 sdt ketumbar butiran
* 1 sdt garam
* 1 1/2 sdt gula pasir
Cara membuat tempe mendol :
* Tumbuk halus semua bumbu dalam cobek besar. Setelah halus, lalu tambahkan tempe, lalu gerus tempe hingga halus tapi tidak perlu terlalu halus. Setelah itu aduk-aduk menggunakan tangan yang bersih hingga tempe tercampur rata dengan bumbu.
* Ambil 1 kepal adonan, kepalkan hingga berbentuk oval dan padat. Lakukan hingga adonan habis
* Diamkan sejenak adonan yang telah dikepalkan selama kurang lebih 1 jam agar lebih padat dan tidak hancur saat digoreng.
* Panaskan minyak, goreng tempe mendol hingga matang dan berwarna kecoklatan.
* Tempe mendol siap dihidangkan sebagai teman makan nasi atau teman lauk pauk.