Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Biji Salak

Resep yang akan kita bahas selanjutnya adalah resep dari Jawa Barat, yakni bubur biji salak. Walaupun namanya biji salak, namun jangan salah, bubur ini sama sekali tidak terbuat dari biji salak ataupun dari buah salak melainkan terbuat dari ubi merah yang dicampur dengan tepung kanji. Rasanya kenyal manis sangat enak. Langsung saja kita simak resepnya yuk
Bahan-bahan :
* 500 gr ubi merah
* 250 gr tepung kanji

* 1 liter air
* 100 gr gula pasir
* 250 gr gula merah, sisir
* 2 lembar daun pandan
* 1/4 sdt garam
Saus santan kental :
* 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
* 2 lembar daun salam
* 1/4 sdt garam
Cara membuat bubur biji salak :
* pertama-tama kukus ubi merah hingga matang, lalu selagi panas segera tumbuk hingga halus. Setelah halus kemudian campur dengan tepung kanji. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu bentuk adonan bulat telur menyerupai biji salak. Sisihkan
* Rebus air, gula pasir, gula merah dan daun pandan hingga mendidih, kemudian matikan api dan saring air rebusan gula ini. Kemudian panaskan lagi dan masukkan adonan biji salak, aduk-aduk hingga biji salak matang dan terapung.
* Saus santan : Masak santan, daun salam dan garam di atas api kecil hingga mendidih dan kental. Masak sambil terus diaduk-aduk.
* Penyajian : Tuangkan bubur biji salak dalam mangkuk saji, kemudian siram dengan saus santan kental. Bubur biji salak telah siap untuk disajikan.

Post a Comment for "Resep Bubur Biji Salak"