Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Serabi

Kue serabi merupakan salah satu kue tradisional yang masih banyak kita jumpai. Kue serabi ini memiliki tekstur yang begitu lembut dan disajikan bersama kuah santan yang menjadikan kue ini begitu nikmat dan dirindukan.
Bahan-bahan :
* 200 gr tepung beras yang telah diayak
* 100 gr tepung terigu protein sedang yang telah di ayak
* 600 cc santan dari 1/2 butir kelapa
* 1 butir telur ayam, kocok  lepas
* 1 sdt baking powder
* 1 sdm minyak sayur
* 1 sdt ragi instan
* 100 cc air
Bahan saus :
* 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa

* 2 lembar daun salam, ikat simpul
* 150 gula merah, sisir
* 50 gr gula pasir
* 1/2 sdt garam
Cara membuat kue serabi :
* Pertama-tama campurkan tepung beras, tepung terigu, baking powder kemudian peralahan-;ahan tuangi dengan santan, sisakan santan hingga separuhnya, lalu tambahkan ragi instan, air dan kocokan telur, minyak sayur,  tambahkan lagi santan sisanya tadi dan kocok-kocok hingga lembut. Setelah itu tepuk-tepuk menggunakan tangan selama 15 menit. Dan kemudian tutup dengan lap bersih dan diamkan selama sekitar 1 jam.
* Panaskan cetakan serabi tanah liat, olesi dengan sedikit minyak sayur, setelah panas lalu tuang adonan serabi sekitar 1 sendok sayur, masak hingga permukaannya berlubang-lubang, kemudian tutup sebentar dan masak hingga matang tetapi tidak perlu dibalik adonannya. Lakukan hingga semua adonan habis
* Saus : Panaskan dengan api kecil semua bahan saus hingga mendidih sambil terus di aduk-aduk. Setelah mendidih lalu matikan api.
* Sajikan kue serabi dengan siraman kuah santan gula merah.

Post a Comment for "Resep Kue Serabi"