Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bola-bola Nasi

Kalau di rumah ibu-ibu sering mendapat sisa nasi yang tidak habis maka jangan keburu bingung karena sisa nasi tersebut masih bisa diolah kembali menjadi camilan yang lezat, yakni bola-bola nasi. Bola-bola nasi diolah dengan berbagi campuran ayam dan sayuran kemudian dibalut dengan tepung panir lalu digoreng. Langsung saja kita simak resep bola-bola nasi
Bahan-bahan :
* 300 gr nasi sisa kemarin
* 150 gr daging ayam cincang
* 1 buah wortel, rajang kecil-kecil

* 1 batang daun bawang, rajang
* 50 gr keju parut
* 1 sdm margarin
* 2 siung bawang putih, rajang halus
* 1/2 buah bawang bombay, rajang
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt lada bubuk
* 100 ml air kaldu
* 1 butir telur, kocok lepas
* 100 gr tepung panir
* Minyak goreng secukupnya
Cara membuat bola-bola nasi :
* Pertama-tama panaskan margarin, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum kemudian masukkan potongan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna lalu masukkan wortel, aduk-aduk kemudian masukkan air kaldu, tambahkan garam, dan lada bubuk, lalu masukkan nasi, aduk-aduk hingga air kaldu terserap oleh nasi dan bumbu meresap. Sesaat sebelum api dimatikan, masukkan irisan daun bawang dan keju parut, aduk sebentar kemudian matikan api. Setelah api dimatikan lalu aduk-aduk agar uap nasi keluar dan biarkan agak hangat agar mudah dibentuk.
* Bentuk bulatan-bulatan seperti bola pimpong.
* Masukkan adonan nasi dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung panir, lakukan hingga adonan habis. Setelah itu diamkan adonan selama minimal 1 jam sebelum digoreng.
* Panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan hingga matang  dan berwarna kuning kecoklatan.

Post a Comment for "Resep Bola-bola Nasi"