Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Lumpia Semarang

Lumpia merupakan salah satu jajanan khas Jawa Tengah yang banyak digemari masyarakat di Indonesia. Terbuat dari rebung dan ayam suwir yang dibalut dengan kulit lumpia yang digoreng menghasilkan rasa yang renyah di luar dan gurih manis di dalamnya. Penasaran dengan proses pembuatannya? Nah, berikut akan kami sajikan tentang resep membuat lumpia khas Semarang yang mudah dan sederhana.
Bahan-bahan :
Bahan kulit :
* 200 gr tepung terigu

* air secukupnya ( sekitar 150 ml )
* 1 sdt minyak goreng
* 1/2 sdt garam
Bahan isian :
* 400 gr rebung, rendam dalam air, cuci bersih kemudian iris kecil menyerupai korek api namun sedikit lebih kecil lalu rebus hingga empuk, tiriskan
* 100 gr daging ayam, rebus kemudian suwir-suwir
* 100 gr daging udang, cincang
* 2 batang daun bawang, rajang halus
* 200 ml air
* 8 butir bawang merah, rajang halus
* 5 siung bawang putih, rajang halus
* 1 sdt garam
* 1 sdm gula pasir
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdm kecap manis
* 1 sdt kaldu bubuk
Cara membuat lumpia semarang ;
* Kulit : Campurkan tepung terigu bersama garam  kemudian secara perlahan masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, setelah itu masukkan minyak goreng, aduk kembali lalu diamkan sebentar. Panaskan panci teflon, olesi permukaannya dengan sedikit margarin, kemudian ambil sekitar 1 sendok sayur adonan, lalu buat dadar. Lakukan hingga adonan habis
* Isian : Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan udang cincang, aduk hingga berubah warna  kemudian masukkan rebung dan ayam suwir, tambahkan  air, masukkan bumbu garam, gula pasir, merica, kecap manis, kaldu bubuk dan irisan daun bawang, lalu tumis hingga air habis dan  bumbu meresap ke dalam isian.
* Ambil 1 buah kulit, kemudian di tengahnya beri isian rebung yang telah ditumis tadi secukupnya saja, lalu lipat kulit membentuk bulat panjang, rekatkan ujungnya dengan putih telor. Lakukan hingga semua adonan habis.
* Panaskan minyak dengan volume agak banyak dan api sedang, kemudian goreng adonan hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan dan kering. Angkat dan lumpia khas Semarang telah siap untuk diasjikan.

Post a Comment for "Resep Lumpia Semarang"