Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cap cay Udang

Resep yang akan kami posting selanjutnya adalah resep cap cay udang. Cap cay yang dominan dengan isian sayuran kaya vitamin akan ditambahkan dengan udang goreng tepung yang renyah sehingga akan menghasilkan rasa yang menggigit dari sayuran dan renyah gurih dar udang. Mari kita simak resep membuat cap cay udang.
Bahan-bahan :
Udang goreng tepung :
* 200 gr udang, buang kotoran dan bagian kepalanya, sisakan ekornya
* air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan
amis udang
* 250 gr tepung terigu
* 50 gr tepung tapioka
* 1 sdm bubuk bawang
* 1 sdt garam
* 1 sdt merica bubuk
* 1 sdt bubuk kaldu
* 50 ml air
Bahan capcay :
* 1 buah wortel ukuran besar, iris serong tipis
* 1/4 buah kubis, iris
* 50 gr kapri
* 50 gr kol, potong-potong
* 100 gr jamur, potong-potong
* 5 batang sawi hijau, potong-potong
* 3 batang sawi putih, potong-potong
* 300 ml air kaldu
* 1/2 buah bawang bombay, iris
* 3 siung bawang putih, rajang halus
* 3 butir bawang merah, rajang halus
* 1 sdm saus tiram
* 1 sdt garam
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1/4 sdt gula pasir
* 2 sdm tepung maizena dilarutkan dalam sedikit air
Cara membuat capcay udang :
* Udang goreng tepung : Pertama-tama periciki udang dengan air jeruk dan garam hingga rata, diamkan selama 10 menit lalu cuci kembali. Sementara itu campurkan  ke dalam wadah, tepung terigu, bubuk bawang, kaldu bubuk, garam, merica bubuk, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu ambil sekitar 2 sdm munjung adonan tepung dan letakkan dalam wadah lain, kemudian masukkan 50 ml air ke dalam adonan 2 sdm tepung tadi, aduk rata. Celupkan udang ke dalam adonan tepung cair, kemudian gulingkan ke dalam adonan tepung kering sambil diremas-remas agar menghasilkan rasa yang renyah. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang. Angkat, tiriskan.
* Cap cay : Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan 300 ml air kaldu, biarkan mendidih, lalu masukkan irisan wortel, kapri, kol dan jamur, masak sebentar lalu tambahkan sawi hijau dan sawi putih, tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk dan saus tiram. Masak hingga semua sayuran matang, tapi jangan terlalu matang bila memasak sayuran agar ada rasa yang menggigit dari sayran tersebut. Setelah itu masukkan larutan tepung maizena, masak hingga mengental dan terakhir masukkan udang goreng, aduk lalu segera matikan api.
* Cap cay udang telah siap untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Cap cay Udang"