Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tahu Mlotot

Tahu mlotot merupakan salah satu camilan yang sangat digemari di kota Malang. Tahu mlotot merupakan tahu goreng dengan isian ayam dan sayur yang dicampur dengan sambal yang sangat pedas sehingga saking pedasnya membuat mata kita menjadi melotot-melotot. Karena itulah makanan ini disebut tahu mlotot. Penasaran dengan cara membuatnya? Segera saja kita simak resep membuat tahu mlotot.
Bahan-bahan :
* 10 buah tahu gembos ukuran besar

* 150 gr daging ayam, cincang
* 2 buah wortel, serut
* 5 butir bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 20 buah cabe rawit
* 5 buah cabe merah keriting
* 1/2 sdt garam
* 1 sdm gula pasir
* 1/2 sdt terasi goreng
* minyak goreng secukupnya
Bahan tepung pelapis :
* 100 gr tepung terigu
* 2 sdm tepung beras
* 2 siung bawang putih, haluskan
* 1/4 sdt ketumbar, haluskan
* 1/2 sdt garam
* air secukupnya
Cara membuat tahu mlotot :
* pertama-tama belah bagian tengah tahu, tapi jangan sampai terputus, lalu keruk sebagian isinya dan hancurkan dengan garpu, nanti digunakan sebagai campuran isian bersama ayam, tapi jangan terlalu banyak mengeruk isinya.
* Isian : Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah keriting dan terasi. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan ayam cincang, masak hingga ayam berubah warna. Setelah berubah warna masukkan wortel dan isian tahu tadi, tambahkan garam dan gula pasir, masak hingga matang. Bila perlu tambahkan sedikit air dan masak hingga matang. Matikan api
* Bahan tepung pelapis : campur semua bahan menjadi satu, tambahkan air hingga agak kental.
* Ambil 1 buah tahu, beri isian ayam secukupnya kemudian celupkan ke dalam adonan tepung. Lakukan hingga semua bahan habis.
* Panaskan minyak dengan volume banyak dan panas, kemudian goreng adonan tahu hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
* Tahu mlotot siap untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Tahu Mlotot"