Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Nasi Goreng Terasi

Nasi goreng merupakan salah satu menu favorit saya. Walaupun berbahan dasar nasi, namun ragam nasi goreng ini sangat bervariasi, mulai dari nasi goreng pedas, nasi goreng sea food, nasi goreng jawa, nasi goreng oriental, dan masih banyak lagi. Nah, resep yang akan kami share berikut juga sekitar nasi goreng, yakni nasi goreng terasi. Nasi goreng dengan bumbu sederhana akan menjadi lebih nikmat dengan aroma terasi yang menggigit. Berikut kami sajikan resepnya.
Bahan-bahan :
* 2 porsi nasi putih

* 4 siung bawang putih
* 2 butir bawang merah
* 5 buah cabe merah besar
* 1/2 sdt terasi yang telah disangrai
* 1 sdt garam
* 1/2 sdt merica
* 1 sdm kecap ikan
* 1 batang daun bawang, rajang
* sedikit daun kubis, iris
* 1 butir telur, kocok lepas
* 100 gr udang, buang bagian kulit, kepala dan ekornya
* 5 sdm minyak goreng
Cara membuat nasi goreng terasi :
* Pertama-tama siapkan cobek lalu tumbuk bawang putih, bawang merah dan cabe merah, setelah halus lalu masukkan terasi, tumbuk lagi hingga tercampur rata.
* Panaskan 5 sdm minyak, setelah api panas, pertama-tama goreng telur,buat orak-arik, kemudian masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna dan telur matang kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk hingga harum dan bumbu agak kering kemudian masukkan kubis, aduk hingga layu kemudian masukkan nasi putih, aduk-aduk. Tambahkan garam , merica, kecap ikan dan daun bawang, lalu aduk kembali dan masak dengan api besar hingga matang. Tanda nasi goreng yang telah matang adalah terdapat beberapa butiran nasi yang meloncat-loncat dalam wajan penggorengan. Jika demikian maka api sudah bisa dimatikan.
* Nasi goreng terasi telah siap untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Nasi Goreng Terasi"