Resep Ketan Lapis Srikaya Pandan

Resep yang akan kami share selanjutnya adalah resep ketan lapis srikaya pandan. Ketan srikaya ini hampir mirip dengan jajanan tradisional bernama katrisala atau katrisolo. Jika katrisala menggunakan bahan ketan putih dan ketan hitam yang diatasnya dituang adonan kuning telor dan gula merah, maka ketan srikaya berbahan dasar ketan putih dengan lapisan atas adonan kuning telur dengan pandan hijau. Penasaran dengan pembuatannya, langsung saja kita simak resepnya.
Bahan-bahan :
Bahan ketan :
* 500 gr beras ketan putih
* 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
* 1/4 sdt garam
* 2 lembar daun pandan

Bahan lapisan srikaya :
* 5 butir telur
* 200 gr gula pasir
* 300 ml santan dari 1 butir kelapa
* pasta pandan secukupnya
* 5 sdm tepung terigu
* 1/2 sdt vanili bubuk
* 1/4 sdt garam
Cara membuat ketan lapis srikaya pandan :
* Pertama-tama, rendam terlebih dahulu beras ketan selama kurang lebih 2 atau 3 jam, setelah itu kukus ketan hingga setengah matang, kurang lebih selama sekitar 15 menit. Sementara itu rebus 300 ml santan encer bersama dengan garam dan daun pandan hingga mendidih lalu masukkan ketan yang setengah matang tadi, aduk hingga santan meresap ke dalam ketan dan airnya habis. Setelah itu kukus kembali santan, kukus hingga matang, kira-kira sekitar 25 menit. Setelah matang lalu angkat dan letakkan dalam loyang yang telah dilapisi daun pisang dan diolesi sedikit minyak, ratakan dan tekan-tekan hingga benar-benar padat.
* Lapisan srikaya : kocok telur bersama dengan gula pasir dan santan hingga gula larut, lalu tambahkan vanili, garam dan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata, lalu tambahkan pasta pandan secukupnya hingga menghasilkan warna hijau sesuai dengan selera, setalh itu tuangkan adonan srikaya ke atas ketan tadi, ratakan kemudian kukus kembali hingga semua bahan matang, kukus kira-kira sekitar 20 menit.
* Setelah matang lalu keluarkan adonan dari loyang, dan ketan lapis srikaya pandan telah siap untuk disajikan