Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Donat Ubi Ungu

Donat adalah satu satu jajanan yang digemari semua kalangan, mulai anak-anak hingga kakek nenek. Bentuknya yang lucu dengan aneka toping menarik menjadikan kue ini banyak digemari masyarakat. Kalau biasanya kue donat banyak terbuat dari bahan kentang, kali ini kami akan memaparkan tentang pembuatan donat dari bahan yang berbeda yakni ubi ungu. Ubi ungu rendah akan lemak dan kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan. Berikut pemaparan selengkapnya tentang resep donat ubi ungu
Bahan-bahan :
* 200 gr ubi ungu

* 300 gr tepung terigu protein tinggi
* 1/2 sdt ragi instan
* 1/4 sdt garam
* 3 gr gula pasir
* 35 gr mentega
* 1 butir telur
* 150 ml air es
* minyak untuk menggoreng
Cara membuat donat ubi ungu :
* Pertama-tama kupas ubi ungu lalu kukus hingga matang kemudian haluskan, sisihkan
* Campurkan tepung terigu bersama dengan gula pasir dan ragi instan, kemudian masukkan ubi ungu yang telah dihaluskan, uleni menggunakan tangan hingga adonan tercampur.
* Sambil terus diuleni, tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis, setelah itu tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga elastis, lalu diamkan adonan selama sekitar 15 menit dengan ditutup kain bersih.
* Bagi rata adonan menjadi beberapa bagian, tiap bagian lalu dibentuk bulat dengan lubang di tengahnya, lakukan hingga semua adonan berbentuk. Siapkan loyang, taburi dengan sedikit tepung, lalu letakkan adonan di atasnya dan diamkan selama sekitar 45 menitan.
* Setelah 45 menit lalu siapkan penggorengan dengan minyak yang banyak dan panas, lalu goreng adonan hingga matang. Tiriskan
* Beri adonan dengan toping sesuai selera, bisa meses, gula halus, coklat leleh, dll
* Donat ubi ungu telah siap untuk disajikan

Post a Comment for "Resep Donat Ubi Ungu"