Resep Sate Telur Puyuh Angkringan

Bagi penggemar angkringan Jogja, tentu tidak asing dengan makanan yang satu ini, yakni sate telur puyuh. Sate telur puyuh adalah salah satu pelengkap lauk pauk untuk melengkapi nasi kucing. Hampir sama dengan tahu dan tempe bacem, sate telur puyuh dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dan gula merah sehingga memiliki rasa yang cenderung manis. Nah, ternyata, selain sangat cocok sebagai pelengkap di angkringan, sate telur puyuh juga sangat enak dinikmati bersama dengan nasi putih. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Berikut akan kami sajikan resep pembuatan sate telur puyuh angkringan.

Bahan-bahan :
* 500 gr telur puyuh
* 1 ruas jari lengkuas, memarkan
* 2 lembar daun salam
* 3 sdm kecap manis
* 250 gr gula merah sisir
* 1 sdt garam
* 750 ml air
* tusuk sate secukupnya
* minyak goreng untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
* 5 butir bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 1 sdt ketumbar butiran
Cara membuat sate telur puyuh angkringan :
* Pertama-tama rebus air hingga mendidih, lalu masukkan telur puyuh, masak hingga matang sekitar 5 menit, lalu matikan api dan masukkan telur puyuh ke dalam air dingin, jika kulitnya sudah tidak panas lagi lalu kupas kulit dari telur puyuh. Sisihkan
* Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, tambahkan lengkuas, dan daun salam, aduk hingga layu lalu tambahkan 750 ml air, tambahkan garam, gula merah dan kecap manis, biarkan mendidih lalu masukkan telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya, lalu kecilkan api dan tutup wajan, masak hingga air hampir habis dan bumbu meresap serta telur berwarna coklat tua. Matikan api dan biarkan dingin.
* Ambil 1 tusuk sate lalu tusukkan 4-5 buah telur puyuh ke tusuk sate.
* Sate telur puyuh angkringan telah siap untuk disajikan