Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep dendeng jantung pisang

Jantung  pisang atau disebut juga dengan ontong selain di olah sebagai masakan berkuah yang lezat, ternyata juga dapat diolah menjadi dendeng yang lezat, selezat dendeng daging. Selain enak dan murah meriah, kandungan gizinya juga terbilang tinggi dan rendah kolesterol. Sangat patut untuk dicoba di rumah. Mari kita simak cara membuat dendeng jantung pisang.
Bahan-bahan :
* 3 buah jantung pisang
* 2 buah asam jawa, larutkan dalam 50 ml air panas

* 1 sdt garam
* 150 gr gula merah, sisir
* minyak goreng secukupnya
Bumbu ( tumbuk halus ) :
* 10 butir bawang merah
* 4 siung bawang putih
* 1 1/2 sdt ketumbar butiran
Cara membuat dendeng jantung pisang :
* Buang kulit luar jantung pisang hingga sampai kulit yang berwarna agak keputihan, lalu iris-iris kemudian rebus hingga lunak. Setelah lunak lalu tumbuk jantung pisang hingga halus.
* Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu yang ditumbuk halus lalu tambahkan air asam jawa, garam dan gula merah, lalu tambahkan jantung daun pisang. Aduk-aduk hingga bumbu meresap dan kering. Matikan api.
* Cetak di atas nampan dengan ketebalan sekitar 2-4 mm, lalu keringkan di bawah sinar matahari selama 2 - 3 hari hingga kering. Setelah kering, potong-potong adonan
* Panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan jantung pisang yang sudah dikeringkan tadi. Goreng hingga matang. Dendeng jantung pisang siap untuk disajikan.

Post a Comment for "Resep dendeng jantung pisang"