Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Dendeng Balado

Dendeng balado merupakan salah satu resep masakan daerah Sumatera. Terbuat dari daging pilihan tanpa lemak yang digoreng kering kemudian dicampur dengan bumbu balado menciptakan rasa yang pedas dan nendang. Berikut resep membuat dendeng balado
Bahan-bahan :
* 500 gr daging sapi tanpa lemak
* 3 siung bawang putih, parut
* 2 batang serai, memarkan

* 2 lembar daun salam
* 2 sdt garam
* 1 sdt ketumbar bubuk
* 500 ml air untuk merebus
* minyak goreng secukupnya
Bumbu balado ( haluskan ) :
* 7 butir bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 5 buah cabe merah keriting
* 5 buah cabe rawit ( optional )
* 50 ml air kaldu
* 1 buah jeruk limau, ambil perasan airnya
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt gula pasir
Cara membuat dendeng balado :
* Pertama-tama rebus air bersama bawang putih parut, daun salam, serai, garam dan ketumbar, setelah mendidih kemudian masukkan daging, jika terlalu besar daging bisa dipotong-potong agar bumbu mudah meresap. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. Setelah daging empuk matikan api dan tiriskan, biarkan daging dingin.
* Potong-potong daging menurut seratnya, potong ukuran 1/2 cm. Stelah itu pukul-pukul daging sapi dengan alat pemukul daging hingga menjadi tipis.
* Panaskan minyak, lalu goreng daging hingga kering. Angkat dan tiriskan
* Bumbu balado : Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbuyang dihaluskan hingga harum kemudian masukkan air kaldu ( bisa menggunakan air sisa rebusan daging tadi ), tambahkan garam, gula pasir serta perasan jeruk limau, lalu masukkan daging yang telah digoreng kering tadi, dan masak hingga air habis . Matikan api dan dendeng balado telah siap untuk disajikan.

Post a Comment for "Resep Dendeng Balado"