Resep Krupuk Puli Beras

Siapa orang Indonesia yang tak pernah mencicipi kerupuk ? Saya yakin, semua orang Indonesia pernah makan kerupuk. Kerupuk merupakan makanan pelengkap yang sangat populer di Indonesia, rasanya yang renyah, gurih, kriuk-kriuk sangat pas untuk menemani apapun makanan yang akan disantap. Di Indonesia sendiri, varian kerupuk  sangat beraneka ragam, mulai dari kerupuk udang, krupuk puli, krupuk singkong, dll. Nah, kali ini, penulis akan berbagi resep tentang pembuatan krupuk puli yang terbuat dari beras. Krupuk puli beras ini merupakan makanan atau jajanan khas Kota Madiun, Jawa Timur. Rasanya tak perlu diragukan lagi, sangat nikmat, gurih dan renyah
Resep krupuk puli beras
Bahan-bahan :
* 1 kg beras, pilih kualitas yang baik
* 50 gr udang ebi

* 5 siung bawang putih
* 1 sdt merica butiran
* 1 sdm garam
* 1/2 sdt gula pasir
* Minyak untuk menggoreng
Cara membuat krupuk puli beras :
*  Cuci bersih beras, cuci sampai 3 kali pencucian, lalu masak beras hingga menjadi nasi. Cara memasaknya sama persis dengan menanak nasi putih.
* Sementara menunggu nasi matang, sangrai udang ebi sebentar, hanya sampai kering, tidak sampai berwarna coklat matang. Lalu udang digiling bersama dengan bawang putih, merica, garam dan gula. Inilah yang akan menjadi bumbu dari krupuk puli beras.
* Setelah nasi matang, lalu angkat. Dalam keadaan panas, campurkan nasi dengan bumbu, aduk hingga tercampur rata, lalu tumbuk nasi hingga menjadi lumat dan bumbu tercampur rata. Lalu diamkan adonan sambil dianginka-anginkan selama kurang lebih 3-4 jam
* Letakkan adonan di atas platik lalu giling adonan hingga pipih, usahakan ketipisan adonan tidak lebih dari 2 mm. Setelah adonan tipis, lalu potong adonan krupuk dengan panjang 5 cm x 10 cm atau bisa sesuai selera juga. Setelah itu keringkan adonan krupuk puli di bawah terik sinar matahati hingga benar-benar kering.
* Setelah benar-benar kering , lalu goreng krupuk hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan krupuk puli beras siap disajikan.