Resep Tahu Petis Semarang

Resep selanjutnya adalah membuat salah satu camilan khas dari Kota Semarang, yakni tahu petis. Tahu petis adalah jajanan yang banyak dijumpai di jalanan, tak hanya di Semarang melainkan di seluruh penjuru Pulau Jawa sangat mudah menemukan orang yang berjualan tahu petis.
Kelezatan tahu petis terletak pada petisnya. Petis berbumbu ini yang membuat jajanan tahu petis sangat digemari. Selain itu, bahan dasar tahu yang digunakan juga berpengaruh pada rasa. Pilihlah tahu putih yang bertekstur padat, tidak lembek.
Bahan-bahan :
* 300 gr tahu putih

* 1 sdt garam
* 2 siung bawang putih, haluskan
* 100 ml air
* 1 liter minyak goreng
Bumbu petis :
* 2 siung bawang putih, haluskan
* 2 cm lengkuas, memarkan
* 4 sendok makan petis udang yang hitam
* 1 1/2 sdm gula merah, sisir
* 1/4 sdt garam
* 50 ml air
* 1 sdt tepung  beras yang dilarutkan dalam sedikit air ( sebagai pengental )
Cara membuat tahu petis :
* Potong tahu ukuran 7 x 2 cm, atau bisa sesuka hati, lalu rendam dalam campuran air, garam dan bawang putih selama 10 menit.
* Panaskan minyak goreng, goreng tahu hingga tenggelam ke dalam minyak, goreng hingga kulit tahu berkeriting, tidak perlu terlalu kering cukup matang saja. Angkat dan tiriskan. Belah bagian tengah tahu tapi jangan sampai tahu terputus.
* Saus petis : Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih dan lengkuas hingga harum, lalu tambahkan petis udang, aduk-aduk, tambahkan air, gula merah dan garam, aduk lagi hingga mendidih. Setelah itu masukkan larutan tepung beras, aduk hingga mengental dan semua bahan matang. Matikan api, biarkan dingin.
* Penyajian : Siapkan tahu yang telah digoreng, lalu ditengah tahu yang dibelah tadi beri saus petis. Sajikan tahu petis bersama dengan cabai rawit.