Resep Wingko Babat

Wingko babat adalah kue tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Disebut wingko babat karena wingko ini berasal dari sebuah desa di Lamongan yang bernama Desa Babat. Langsung saja kita simak cara membuat wingko babat
Bahan-bahan :
* 600 gr tepung ketan
* 400 gr gula pasir
* 300 ml santan dari 1 butir kelapa
* 2 butir kelapa setengah tua, parut memanjang

* 1 lembar daun pandan, ikat simpul
* 1 sdt vanili bubuk
* 1/2 sdt garam
* 1 sdm margarin
* 1 butir telur ayam, kocok lepas
Bahan olesan :
* 1 butir kuning telur
* 1 sdm margarin leleh
Cara membuat wingko babat :
* Panaskan santan bersama gula pasir, garam, dan daun pandan, aduk-aduk terus hingga mendidih.
* Sementara menunggu mendidih, di wadah lain, campurkan adonan tepung ketan dengan vanili bubuk, telur ayam, margarin dan kelapa parut sambil diremas-remas.
* Setelah santan benar-benar mendidih lalu matikan api dan tuangkan santan ke dalam adonan tepung ketan sedikit demi sedikit hingga kalis dan sedikit berminyak.
* Siapkan oven dan alasi bagian bawahnya dengan daun pisang, lalu tuang adonan ke dalam oven, ratakan. Panggang adonan dengan suhu 160 derajat celcius selama 20 menit. Setelah 20 menit keluarkan adonan dan olesi bagian atas dengan kuning telur dan margarin, kemudian panggang lagi sampai benar-benar matang, kira-kira selama 20 menit lagi.
* Keluarkan wingko yang sudah matang, lalu biarkan dingin, setelah dingin, potong-potong wingko dan bungkus dengan kertas minyak.