Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih eksis di jaman modern ini. Bubur ini juga sangat nikmat disantap hangat ataupun dengan campuran es jadi cocok dimakan saat pagi, siang ataupun malam. Berikut akan kami sajikan resep bubur ketan hitam.
Bahan-bahan :
* 250 gr beras ketan hitam
* 1,5 liter air
* 2 batang daun pandan, ikat simpul
* 200 gr gula merah, sisir halus
* 50 gr gula pasir

Bahan kuah santan :
* 500 ml santan dari 1 butir kelapa
* 1/2 sdt garam
* 2 lembar daun pandan, ikat simpul
* 1/2 sdt vanili bubuk
* 1 sdm tepung maizena, larutkan dalam 50 ml air
Cara membuat bubur ketan hitam :
* Pertama-tama rendam terlebih dahulu beras ketan hitam selama minimal 3 jam, kalau bisa sehari semalam kemudian cuci bersih.
* Masak dengan menggunakan api kecil, 1,5 liter bersama dengan beras ketan hitam dan daun pandan sambil sering-sering diaduk-aduk hingga beras ketan lunak, kemudian tambahkan gula merah dan gula pasir, aduk kembali hingga menjadi bubur.
* Kuah santan : Masak santan bersama degan daun pandan, garam dan vanili bubuk, masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih, setelah mendidih kemudian masukkan larutan tepung maizena dan aduk kembali hingga mengental dan mendidih. Matikan api.
* Penyajian : Siapkan bubur ketan hitam dalam mangkuk saji, kemudian siram dengan kuah santan kental, dan bubur ketan hitam telah siap untuk disajikan.

Post a Comment for "Resep Bubur Ketan Hitam"