Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Samosa

Samosa merupakan camilan asal India namun keberadaannya juga banyak ditemui di Indonesia. Di negri asalnya, samosa biasanya terbuat dari daging kambing, namun di Indonesia sendiri lebih bervariasi mulai dari daging kambing, daging sapi, ayam ataupun ikan. Resep kali ini akan membahas tentang samosa berbahan dasar daging ayam. Langsung saja kita simak resepnya
Bahan-bahan isi :
* 300 gr daging ayam tanpa tulang, cincang
* 2 batang daun bawang, rajang
* 3 siung bawang putih, haluskan
* 2 butir bawang merah, haluskan

* 1/2 buah bawang bombay, rajang
* 2 lembar daun kunyit, haluskan
* 2 lembar daun jeruk, haluskan
* 1/2 sdt garam
* 1/4 sdt gula pasir
* 1 sdt bubuk kare
* 1/2 sdt ketumbar bubuk
* 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
* minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng
Bahan kulit :
* 150 gr tepung terigu, ayak
* 50 ml air es
* 1/4 sdt garam
* 30 ml minyak sayur
Cara membuat samosa :
* Kulit : campurkan terigu bersama garam, air es dan minyak sayur kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga kalis, lalu tipiskan adonan dengan ketebalan 2 mm dan potong-potong ukuran 10 x 15 cm.
* Isi : Panaskan 3 sdm minyak goreng lalu tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun kunyit dan daun jeruk hingga harum, kemudian masukkan daging ayam cincang, tumis hingga ayam berubah warna kemudian masukkan santan, tambahkan garam, gula, ketumbar, bubuk kare dan daun bawang lalu masak hingga santan habis dan daging ayam empuk serta bumbu meresap. Matikan api dan biarkan dingin.
* Siapkan 1 lembar kulit, kemudian isi tengahnya dengan 1 sdm adonan isi lalu lipat segitiga, rekatkan dengan putih telur, lakukan hingga semua adonan habis.
* Panaskan minyak dengan volume banyak dan panas, goreng adonan hingga berwarna kecoklatan dan matang. Samosa telah siap disajikan.

Post a Comment for "Resep Samosa"