Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep membuat rengginang

Pernah makan rengginang ?? Jajanan yang satu ini merupakan favorit saya. Pada hari lebaran, rengginang menjadi sajian wajib yang harus ada di rumah. Rasanya sangat renyah dan gurih. Nah, mari kita intip cara pembuatan rengginang yang sangat lezat ini
Resep membuat rengginang 
Bahan - bahan :
* 1/2 kg beras ketan

* 1 sdm garam
* 1 sdm terasi udang
* 5 siung bawang putih
* 300 ml air
* minyak goreng
Cara membuat rengginang :
* Rendam beras ketan dalam air selama kurang lebih 3 jam
* Didihkan 300 ml air, sementara menunggu air mendidih,haluskan bawang putih, garam dan terasi. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ini ke dalam rebusan air. Setelah air mendidih, masukkan beras ketan dan aduk-aduk hingga air mengering dan bumbu meresap.
* Siapkan kukusan dandang. Pindahkan beras ketan ke dalam kukusan dandang, kukus hingga matang, kurang lebih selama 45 menit.
* Setelah matang lalu angkat. Dalam keadaan masih panas, segera bentuk adonan ketan berbentuk bulat kira-kira berdiameter 5-8 cm dengan tebal 1 cm, atau bisa juga menggunakan cetakan berbentuk bulat. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
* Keringkan adonan di bawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering
* Siapkan penggorengan dengan minyak yang banyak. Goreng adonan rengginang dengan api yang panas, goreng hingga mekar dan matang. Angkat
* Rengginang telah siap dihindangkan. Untuk bisa bertahan lama, masukkan rengginang ke dalam toples kedap udara. Rengginang dapat bertahan hingga 2 bulan.


Post a Comment for "Resep membuat rengginang"